DESKRIPSI MATA KULIAH :

Pada mata kuliah ini mahasiswa memperoleh wawasan, pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan mengenai  wirausaha sehingga dapat mengembangkan diri sebagai wiraswasta dan mengaplikasikannya dalam pelaksanaan tugas sebagai guru BK kelak.

Materi kajiannya meliputi : Konsep, wawasan, prinsip, sikap mental, etika wirausaha, sikap mandiri dan perhitungan resiko serta dampak globalisasi, visi ke depan, peluang kewiraswastaan, dan upaya pengembangan SDM sebagai wiraswasta.

MATERI :

I. Konsep, prinsip, dan etika wirausaha

II. Kesadaran diri :

     a. Siapakah saya ?

     b. Mengenal kekuatan dan kelemahan diri

     c. Manusia makhluk Tuhan yang sempurna dan unik

    d.  Hidup adalah pilihan

     e. Harapan dan cita-cita

  II. Hubungan   dengan sesame

a. Membangun hubungan baik dengan sesama

b. Menyampaikan pendapat dengan baik

c. Menghargai dan mendengarkan orang lain

 

U T S

    III. Mengelola Keuangan Pribadi

a. Membuat perencanaan keuangan

b. Mengelola keuangan secara efisien

c. Melakukan pengendalian keuangan

IV. Mengelola Diri untuk Meningkatkan Etos Kerja

a. Mengelola diri di tempat kerja

b. Menginterpretasikan konsep dan tujuan etos kerja

c. Memupuk tanggung jawab, disiplin, dan etos kerja

d. Membangun semangat kerja TIM

e. Menetapkan tujuan dalam mencapai cita-cita

f. Mengambil keputusan yang baik

U A S


Konsep Wirausaha dalam Penerapan Etika Bisnis

 

Adanya pandemi virus COVID-19 telah menyebabkan berbagai macam persoalan serius di seluruh sektor kehidupan masyarakat. Mulai dari persoalan ekonomi, sosial, politik, hingga ketenagakerjaan.

Di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan khusus dengan menghimbau penghentian sementara aktivitas-aktivitas yang menimbulkan kerumunan, seperti aktivitas pendidikan di sekolah, pekerjaan di perusahaan, kegiatan di ruang umum, hingga keagamaan di rumah ibadah.

Akibatnya terjadi banyak pengangguran, PHK terjadi dimana-mana, sektor-sektor ekonomi dan pariwisata menurun drastis, tempat-tempat wisata dan rumah makan ditutup sementara, perusahaan-perusahaan, rumah ibadat, sekolah, serta kegiatan usaha lainnya juga terkena dampak dari  penerapan PSBB dan atau New Normal. 

Namun,  di zaman yang sudah modern dan teknologi yang semakin canggih ini membuat orang-orang dapat memanfaatkan media sosial  untuk melakukan usaha/berwirausaha.

Kewirausahawan sudah menjadi kekuatan bagi Indonesia untuk mempertahankan kestabilan ekonomi negara saat ini, contohnya sejak zaman Indonesia krisis ekonomi pelaku wirausahalah yang membuat ekonomi Indonesia bergerak secara signifikan. 

Kewirausahawan atau lebih dikenal dengan wirausaha adalah usaha yang dibangun berdasarkan inovasi baru unuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan baru, memiliki nilai tambah, bermanfaat, dan berguna untuk menciptakan lapangan kerja baru. Karena itu, wirausaha adalah orang-orang yang berani mengambil resiko untuk melaksanakan kegiatan kewirausahawannya/berwirausaha.

Di balik konsep berwirausaha selalu ada penerapan etika bisnis untuk bisa menjalankan usaha atau kegiatannya dengan cara yang baik. Ada beberapa teori yang menjelaskan tentang etika salah satunya  menurut Ronald J. Ebert dan Ricky M. Griffin, etika bisnis ialah istilah yang sering yang digunakan untuk menunjukkan perilaku etika dari seorang manajer atau karyawan suatu organisasi, etika bisnis menjadi sangat penting untuk mempertahankan loyalitas pemilik kepentingan. 

Dari ilustrasi singkat di atas, Anda diminta untuk menjelaskan hal-hal berikut ini:

1. Jelakan tentang konsep wirausaha.

2. Prinsip wirausaha apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh wirausaha agar dapat berhasil dalam usahanya ?

3. Etika wirausaha apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh wirausaha agar dapat berhasil dalam usahanya ?

Catatan:

Semua jawaban (no.1, 2, dan 3) harus berdasarkan teori/pendapat ahli ± 5 pendapat.